Bentuk dan desain tradisional di tempat tinggal : BursaLoker

Rumah   Adat Jawa Barat  memiliki  ornamen besar bersejarah yang unik

Melihat bentuk arsitektur yang diterapkan pada gambar rumah   adat  Jawa Barat, tentu memiliki desain yang unik.   Tidak hanya unik, namun menarik untuk dijadikan  tempat  tinggal oleh masyarakat.   Berbicara tentang desain, tentu saja  bentuk rumah sudah ada sejak zaman dahulu sebagai peninggalan.

Desain rumah pasti sudah beradaptasi dari arsitektur tertentu lalu dimodifikasi menjadi hal yang baru.   Keunikan keberadaan  rumah adat tersebut tentunya mampu memberikan sentuhan  klasik bagi penghuninya.   Sampai saat ini, bentuk rumah  masih dapat disesuaikan untuk masuk ke dalam arsitektur modern yang lengkap.

Namun, apakah Anda sudah familiar dengan semua rumah tradisionalnya yang terletak di provinsi ini?  Karena setiap suku dan daerah memiliki  ciri  khas  ,  terutama rumah adat  Jawa Barat, tentunya  dapat difavoritkan sebagai identitas.   Jenis  kebanggaan  daerah inilah yang dapat   digunakan untuk memberikan berbagai rasa dengan cara yang khas.

Kami ingin membahas seluruh daftar secara keseluruhan  untuk berfungsi sebagai panduan bagi  masyarakat saat ini  .   Jika Anda mampu memahami dan  melestarikan budaya, pasti keberadaan tradisi   turun-temurun  tidak  akan pernah hilang.  Jadi, mari kita ikuti diskusi lengkapnya , sehingga mereka  menambahkan perspektif kepada semua orang untuk mengenal budaya.

Daftar  Nama  Rumah Adat Jawa Barat  Terlengkap

Ketika Anda mengetahui tentang keberadaan perumahan yang merupakan warisan leluhur, tentunya  ada model yang berbeda untuk setiap daerah.   Harus ada tujuan dan nilai sejarah  yang terpisah   dalam hal nama di balik  bentuk rumah.   Bahkan,  tak heran jika hingga saat ini keberadaan rumah tersebut sangat unik dan masih mudah ditemukan.

Wilayah provinsi Jawa Barat  sangat dekat dan kental dengan budaya masyarakat , sehingga  masih sangat dihormati.   Termasuk pemilihan desain rumah tradisional   Jawa Barat  di bagian interior, hampir semuanya masih menganut struktur tradisional sebagai tempat tinggal.   Ada beberapa nama yang disematkan pada hunian menurut bentuk tertentu di Jawa Barat.

Terdiri dari heuay rinocer imah, julang ngapak, perahu kumureb, jolopong, dan togog anjing.   Setiap nama identik dengan  istilah pada hewan dan memiliki arti tersendiri sesuai dengan desainnya.   Anda dapat mengenalinya melalui gambar dari rumah-rumah tradisional khas Jawa Barat,  sehingga lebih mudah untuk melihat perbedaannya.

Selain lima  jenis  rumah adat Jawa Barat yang paling populer, tentunya  ada model  lain  yang sudah cukup tua.  Hanya di tempat-tempat  tertentu ,  jika Anda ingin menemukan jenis rumah, karena ada beberapa dari mereka.   Hunian  yang dimaksud memiliki  nama  gunting imah capit, imah kasepuhan, dan saung ranggon.

Di kalangan masyarakat, tentunya kebiasaan seperti ini  masih diupayakan sebaik mungkin pada fase pengembangan hunian.    Apalagi di pedesaan,   akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan segala bentuk rumah tergantung wilayahnya  .  Pasalnya, beberapa nama rumahnya cenderung  ditemukan di daerah  tertentu  sesuai dengan kebiasaan mereka.

Bentuk dan desain tradisional di tempat tinggal

Setelah mempelajari nama  rumah adat  Jawa Barat, kini saatnya memahami desain secara lebih detail.   Fase ini akan memberikan anda pandangan ketika anda ingin memahami perbedaan antara masing-masing nama rumah.  Pembahasan ini akan dimulai dari keberadaan badak heuay imah yang masih sering ditemukan.

Mengetahui bentuk rumah badak heuay ternyata sangat sederhana , karena terbuat dari kayu dan bambu.  Pemilihan   bahan bangunan dasar juga berarti pemilik rumah mampu mengurus keluarganya.  Tipe badak heuay termasuk dalam perumahan tinggi, karena fondasinya  tidak   bersentuhan  langsung   dengan tanah.

Lanjut di julang ngapak, hunian  ini memiliki bentuk  yang agak unik, karena memiliki bentuk burung.   Dalam gambar, burung julang terbang dan  mengepakkan sayapnya dengan bentuk V.   Untuk ornamen,  ia menggunakan kayu pipih untuk sudut yang berbeda dan  dirancang untuk memiliki kaki di atas fondasi.

Keunikan  rumah adat   Jawa Barat selanjutnya  adalah perahu kumureb yang memiliki bentuk  segitiga  terbalik.   Model unik yang  dimiliki oleh bentuk  rumah dapat digunakan pada sisi depan dan belakang secara   bersamaan. Karena  memiliki empat bagian utama, hunian ini sangat multifungsi tergantung kebutuhan pemiliknya.

Anjing imah togog memiliki  atap   dua  lapis dengan  bentuk  segitiga dan memiliki  pondasi kaki.   Sedangkan imah jolopong adalah rumah yang paling umum ditemukan ketika berkunjung  ke daerah Sunda.   Karena cukup modern, jolopong menjadi satu-satunya rumah yang pondasinya terintegrasi langsung dengan tanr.

Karakteristik masing-masing desain Kediaman Budaya Sunda

Setiap hunian pasti memiliki karakteristik dan filosofi tertentu saat membuat struktur bangunan secara  detail.  Keunikan  rumah  adat  Jawa Barat ini harus diketahui secara detail sebagai tradisi peninggalan nenek moyang.   Dengan demikian, setidaknya bentuk perumahan harus dipahami untuk tujuan  dan sasaran sebelum  mulai dibangun di atas filosofinya.

Terkait erat dengan namanya, badak heuay memiliki arti badak  yang menguap sebagai bentuk keseluruhan. Di bagian depan atap, Anda akan melihat  bentuk  badak sebagai filosofi nenek moyang.   Adanya filosofi tersebut akan menggambarkan fakta bahwa masyarakat Sundanez sangat ramah kepada para tamunya.

Imah julang ngapak memiliki ciri khas bahwa  penghuninya memiliki sifat bijak dalam menyelesaikan segala masalah.  Apalagi dalam masalah kehidupan,  pemilik rumah tampaknya memiliki kemampuan untuk menengahi suatu masalah.   Bentuk pemandangan dalam desainnya juga merupakan filosofi bahwa manusia hidup di antara bumi dan langit.

Setelah mengetahui bahwa rumah  adat orang Jawa  Barat adalah beberapa nama  dengan nama mirip anya, setidaknya ada perahu kumureb.   Menurut filosofi,  tempat tinggal itu dibentuk dengan desain kapal yang terbalik di atap.  Karena  memiliki  bentuk segitiga memanjang,  rumah  ini  sering dianggap unik dan disesuaikan oleh masyarakat.

Berbicara tentang jolopong imah, tentunya  memiliki sifat terbuka untuk menerima tamu untuk mengatur berbagai pertemuan. Kemudian, untuk anjing togog berkembang biak , bentuknya menyerupai  anjing  duduk   menggambarkan kesederhanaan.  Karena bentuknya yang sederhana, anjing imah togog  kerap dipadukan dengan desain  hunian bergaya minimalis modern.

Sejarah peninggalan leluhur yang berkaitan dengan arsitektur Sundanez

Membahas keberadaan berbagai bentuk rumah tinggal di  wilayah  Jawa  Barat  sangat menarik.   Pasalnya,  jenis rumah sangat  beragam dan memiliki makna tersendiri untuk dihuni oleh sebuah keluarga.   Arsitektur kuno harus memiliki preferensi untuk diterapkan agar dapat  menjadi hunian yang nyaman  .

Jika Anda memahami bahwa  rumah  adat Jawa  Barat terdiri dari beberapa nama yang berbeda, tentu mengundang rasa penasaran.   Model hunian  dari masa lalu  memiliki nilai sejarah yang   tinggi karena bisa menjadi tradisi.   Setiap jenis rumah memiliki makna yang sangat kental dalam   nilai kehidupan masyarakat setiap harinya.

Banyak peran dan fungsi  tempat tinggal tergantung pada jenisnya, sehingga mereka  dapat disesuaikan dengan kebutuhan penghuni.  Peninggalan nenek moyang masa lalu masih terkait erat dengan adat istiadat kerajaan kuno. Ketika masa kerajaan masih berkuasa, bentuk rumahnya masih seragam dan hampir sama dengan setiap penghuninya.

Jika Anda melihatnya secara detail, fondasi rata-rata tidak menyentuh tanah dan diberi kaki di setiap sudut. Tujuan utama dari desain ini adalah untuk melindungi penghuni dari serangan hewan liar. Tentu saja, hal semacam ini memiliki sejarah berharga seputar cara berpikir dalam budaya dan adat istiadat.

Seiring berjalannya waktu, tradisi hunian jenis ini harus tetap lestari dan tidak hilang. Sebagian besar masyarakat modern mencoba menyesuaikan desain rumah adat dengan gaya baru model saat ini.  Dengan begitu, keberadaan  rumah  adat terlengkap di  Jawa  Barat harus  tetap berkelanjutan hingga kapan saja.

Read More :